Hosting by:
IndoGlobal
indoglobal.com

Flory Katriena

Koneksi Internet dengan Network Configurator

RedHat 5.1 telah menyediakan segala keperluan untuk network atau jaringan. Cara yang paling mudah mengkonfigurasi jaringan adalah melalui program netcfg yang berjalan di bawah X Window. Dengan menggunakan program tersebut sebenarnya komputer stand alone kita bisa menjadi client untuk koneksi ke internet dengan menggunakan PPP conection.

Pertama jalankan program netcfg untuk mengkonfigurasi jaringan. Selanjutnya muncul kotak dialog Network Configurator yang menampilkan informasi DNS bila sudah di konfigurasi sebelumnya. Bila masih kosong kerjakan langkah-langkah sebagai berikut:

names.jpg 370x284 (13 KB)

Selanjutnya mengkonfigurasi PPP device. Pilih tombol Interfaces pada jendela bagian atas. Kotak dialog berikutnya akan ditampilkan seperti ini:

interface.jpg 370x284 (12 KB)

Pilih tombol Add untuk membuat interface baru, pada jendela dialog yang muncul pilih interface PPP dan klik Ok. Jendela Create PPP Interface akan muncul seperti ini:

ppp0.jpg 236x149 (8 KB)

Setelah semua informasi PPP di masukkan, pilih tombol Customize. Kotak dialog Customize ini akan mengkonfigurasi hardware kita khususnya modem.

Untuk kotak Modem port, pilih sesuai konfigurasi yang dibuat dengan program modemtool. Bila belum mengkonfigurasi modem, jalankan saja program modemtool sekarang juga.

custom.jpg 276x228 (14 KB)

Setelah itu bisa di konfigurasikan yang lain, Communication, Networking atau PAP. Jangan lupa sebelum keluar selalu tekan tombol Save.

Sampai disini pekerjaan membuat koneksi PPP sudah selesai dan siap untuk memulai koneksi.

Memulai Koneksi ke ISP

Untuk mulai koneksi ke ISP sangatlah mudah, tinggal menjalankan kembali program netcfg, pilih Interfaces di bagian atas jendela, pilih ppp0 interface dan tekan tombol Activate (untuk memutuskan koneksi, tekan Deactive). Bila tidak ada kesalahan konfigurasi sebelumnya, modem akan segera bekerja.

Setelah koneksi terjadi, kita bisa membuka program internet seperti Netscape Communicator atau program client internet favorit. Selamat berinternet!

konek.jpg 370x284 (13 KB)

Linux untuk Pemula :: Admin & Setting :: Koneksi Internet dengan Network Configurator Komentari Halaman Ini
(di Window Baru)

Site didesain oleh Zakaria menggunakan GAKR. Isi diluar tanggung jawab Linux untuk Pemula